Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290.

Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin.

Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid.

Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi.

Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad,

Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie.

Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila.

Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Jumat, 28 November 2008

N A S I O N A L

Din Syamsuddin Jadi Presiden ACRP

Pertemuan 18 negara Asia itu berlangsung di Manila selama lima hari (17-21 Oktober 2008). Di hari terakhir dalam sebuah rapat Governing Board, Din Syamsuddin ditunjuk secara aklamasi sebagai Presiden sekaligus Moderator Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) atau Konferensi Agama untuk Perdamaian se-Asia. Spontan saja, gemuruh suara tepuk tangan mengombak dari 400 peserta yang hadir.

Kali ini, perhelatan internasional itu diberi tema "Peacemaking in Asia". Dalam acara yang berlangsung dalam forum Assembly ke-7 di Manila tersebut, Din Syamsuddin tercatat sebagai orang pertama dari Indonesia yang menjadi Presiden ACRP sejak organisasi itu berdiri 32 tahun lalu. "Saya tentu senang dan juga bangga. Tapi saya juga prihatin membayangkan tantangan di depan yang berat," kata Din Syamsuddin, Rabu (22/10).

Dalam sambutannya usai pelantikan, Din mengatakan bahwa di kawasan Asia kini telah dihadapkan pada tantangan yang sangat besar dan berat. Tantangan itu terutama untuk mengantisipasi kebangkitan kawasan Asia Pasifik atau Asia Timur sebagai kawasan pertumbuhan masa depan. Itu sebabnya keberagamaan harus progresif agar dapat menjawab tantangan zaman.

Ia mengingatkan, umat beragama hendaknya tetap berorientasi kepada keimanan dan kesalehan tengahan, yang tidak terjebak pada dua titik ekstrim, radikal atau liberal. “Jalan tengah adalah alternatif sekaligus solusi untuk memecahkan problematika umat manusia,” tuturnya.

Selain Din, juga dipilih enam Presiden yang mewakili beberapa agama seperti Cina dengan agama Tao, Jepang dengan agama Buddha, Australia (Katolik) dan India (Hindu) serta Filipina-Indonesia (Islam).

Dr Zuly Qodir, peneliti dari Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian Universitas Gadjah Mada, menyambut positif terpilihnya tokoh yang dikenal sebagai aktivis perdamaian ini. "Saya punya harapan besar kepada Din. Saya kira sangat positif jika ia mampu membawa ACRP menuju kerukunan Asia," katanya. Menurut Zuly, Din dikenal sebagai tokoh dominan yang memiliki kemampuan lobi dengan latar belakang pemikiran yang moderat dan cenderung progresif.

Sebagai aktivis perdamaian dan interreligius, tokoh Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut memiliki kapasitas membawa isu-isu perdamaian dan penyelesaian problematika dunia Islam terkini. "Saya kira perlu ada yang mengimbangi dalam tim ataupun orang di dekatnya. Salah satu tantangan ke depan, bagaimana di tingkat Asia yang punya problema muslim militan yang lekat dengan terorisme bisa dikelola," kata Zuly, yang juga mengajar di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga tersebut.

Dunia Islam sekarang punya persoalan serius dengan beberapa masalah kemanusiaan global. Bagaimana membawa dialog perdamaian menjadi isu utama negara-negara di Asia. "Contoh soal kemiskinan di Indonesia, Pakistan dan India. Saya kira program ke depan tak sekedar soal sibuk membangun masjid dan bicara aturan sumbangan sosial," kata Zuly.

Di tempat berbeda, direktur Eksekutif Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) Abdul Mu’ti juga berpendapat, sikap kalangan agama yang bisa menghargai semua golongan akan sangat berguna untuk mengembangkan peradaban. Sikap umat beragama yang ikut mencari solusi atas problem masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.

Misalnya, problem kemiskinan sering kali hanya menjadi polemik dan diperdebatkan tanpa ada langkah penyelesaian dalam bentuk kebijakan negara yang nyata. Kalangan umat beragama yang mempunyai tanggung jawab untuk ikut mengangkat harkat dan martabat manusia juga masih kurang memberikan solusi.”Ini tugas kita, apalagi masih banyak orang yang hidup dalam kondisi miskin. Lebih menyedihkan lagi, rakyat miskin dari segi ekonomi ini juga miskin akses terhadap perlindungan hukum,” ujarnya. mz abidin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290. Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin. Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid. Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi. Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad, Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie. Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila. Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Templates Novo Blogger Get Free Blogger Template