Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290.

Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin.

Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid.

Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi.

Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad,

Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie.

Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila.

Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Jumat, 28 November 2008

T A J U K

PUTARAN II

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim kembali dihelat, 4 November ini. Putaran II. Sebabnya, di putaran I, tidak satu pun pasangan calon memperoleh 30 persen suara. Unggulan pertama, pasangan Karsa hanya dapat 4.498.332 suara (26,44 %). Unggulan kedua, pasangan Kaji memperoleh 4.223.089 suara (24,82 %). Sesuai aturan Pilgub, Karsa dan Kaji masuk ke putaran II. Konsekwensinya, negara kembali mengeluarkan uang, demikian juga dengan kedua pasangan calon. Para tim sukses kerja lagi, all out. Banyak tenaga dan pikiran tersita untuk Pilgub. Tentu berimbas pada aktivitas lainnya. Tapi itulah salah satu buah demokrasi.

Muhammadiyah Jatim, sebagai ormas keagamaan besar, tentu tak luput dari imbas itu. Bagaimana pun, tidak sedikit anggota Persyarikatan ini ikut ambil bagian dalam perhelatan politik tersebut. Untungnya mereka sangat paham dengan kiprah Muhammadiyah yang tidak melibatkan secara langsung kegiatan politik praktis, melainkan dalam kancah pemurnian ideologi dan sosial. Mereka bisa membedakan kiprah personal dengan kiprah kelembagaan. Mereka tidak menyeret-nyeret Muhammadiyah dalam kancah Pilgub. Hasilnya, Muhammadiyah tidak tercemar, dan aktivitas Persyarikatan tidak sampai ‘tergetar’.

Meski demikian bukan berarti Muhammadiyah tidak peduli dengan kegiatan politik praktis, sebagai bagian tak terpisahkan dari tatanan kehidupan bernegara. Muhammadiyah selalu mengawal aktif dalam setiap even-even politik. Tetapi hanya melingkup pada aspek moral, aspek normatif. Agar geliat politik masyarakat tidak menyimpang dari tatanan moral agama.

Dalam Pilgub putaran II ini, Muhammadiyah Jatim juga aktif mengawal. Untuk itu, PWM Jatim mengeluarkan 5 butir edaran untuk masyarakat Jatim, terutama warga Muhammadiyah. Pertama, Pilgub ini adalah momentum penting untuk menentukan orang yang layak memimpin Jawa Timur. Karena itu, hendaknya masyarakat berpartisipasi aktif dengan cara menggunakan hak pilih untuk calon terbaik. Masyarakat Jawa Timur diharapkan menggunakan hak pilihnya atas dasar pertimbangan-pertimbangan obyektif untuk kepentingan seluruh masyarakat Jawa Timur, bukan untuk kepentingan kelompok tertentu.

Kedua, dalam seluruh kegiatan Pilgub, hendaknya masyarakat dewasa menghadapi issue dan provokasi dari pihak manapun yang mengadu domba masyarakat. Provokasi yang mencoba membenturkan antar kelompok adalah prilaku yang tidak mendidik.

Ketiga, PWM Jatim akan selalu memberi pendidikan politik sehingga masyarakat Jawa Timur mampu menggunakan hak politiknya dengan cerdas dan dewasa.

Keempat, kepada seluruh masyarakat agar menjaga ketenangan dan ketenteraman selama masa Pilgub, dan ikut mengawal Pilgub agar berlangsung dengan aman dan jujur tanpa provokasi, ancaman, dan manipulasi perhitungan suara. Kekuatan moral, seperti Ormas, LSM, Ulama dan Intelektual perlu menunjukkan teladan yang terpuji dan tidak terlibat dalam tindakan yang tidak mendidik.

Kelima, siapapun yang terpilih dalam Pilgub ini harus diterima dengan besar hati oleh seluruh masyarakat Jawa Timur, dan menjauhkan sikap anarki atau kekerasan lainnya yang akan mencederai al-akhlaq al-karimah.

Muhammadiyah berharap, usai pesta demokrasi ini, masyarakat Jawa Timur tetap utuh. Lebih-lebih umat Islam yang memiliki dasar yang sama, yakni al-Quran dan as-Sunnah, yang menekankan bahwa umat Islam adalah ummatan wahidah, umat yang satu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290. Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin. Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid. Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi. Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad, Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie. Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila. Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Templates Novo Blogger Get Free Blogger Template