Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290.

Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin.

Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid.

Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi.

Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad,

Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie.

Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila.

Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Jumat, 28 November 2008

F E N O M E N A II

Beramal Hingga Akhir Hayat

Sejak pagi, puluhan dhuafa’ berkumpul di sekretariat Himpunan Janda Muslimah ( HJM) Ponorogo. Mereka ingin mendapatkan paket sembako gratis yang akan dibagikan oleh para janda yang ditinggal mati suaminya. Mereka tidak harus berdesak-desakan, apalagi bertaruh nyawa. Mereka duduk manis di bangku panjang yang sudah disediakan panitia, sembari membawa kupon yang telah dibagikan sebelumnya.

“Saya antri sejak pagi. Ingin ambil sembako. Lumayan buat lebaran,” kata seorang nenek berusia 70 tahun, Mistini. Tidak hanya satu paket sembako gratis yang dibawa pulang. Nenek yang rambutnya sudah memutih itu harus membawa ‘beban’ dua paket lainnya titipan dari tetangganya. Dengan susah payah, tiga paket sembako dalam tas kresek putih itu dimasukkan dalam kantung bekas pembungkus terigu, lalu digendong pulang dengan kain panjang.

HJM resmi dibentuk pada pada 25 Agustus 1985. Keinginan untuk berbagi terhadap sesama dan mengisi kegiatan positif ini, diawali dari banyaknya para janda yang ditinggal mati suami dan memutuskan tidak ingin menikah lagi. Kegiatan bagi sembako ini telah mendapat respons dari pemerintah dan PP Muhammadiyah. Bahkan, kini HJM di bawah pembinaan langsung Ketua PP Muhamamdiyah, Din Syamsuddin. Menteri Peranan Wanita waktu itu, Mien Sugandi, pernah juga mengunjungi HJM.

“Kegiatan bagi sembako ini sudah yang ke-13 kali. Dari tahun ke tahun, jumlah barang dan donaturnya terus bertambah,” kata ketua HJM Ponorogo, Hj. Reni Baidowi. Kalau tahun pertama hanya terkumpul 500 paket, maka tahun ini sudah mampu menyediakan 1.750 paket. Paket-paket itu juga didistribusikan untuk para dhua’fa dan yatim piatu di 17 dari 21 kecamatan di Ponorogo.

Rasa ingin berbagi dengan sesama ini, menurut Reni, didasari al-Quran surat al-Maun. Sebagai janda yang ditinggal mati suami, tidak pantas berkutat diri dalam kesedihan berlarut-larut. Tali silaturahmi, do’a kepada almarhum suami, tetap bisa dirajut dengan menyelenggarakan amal sosial untuk si miskin dan si yatim. Apalagi sebagian besar anggota HJM merupakan para janda yang aktif di organisasi Muhammadiyah.

“Bagi saya, Insya Allah kegiatan ini saya lakukan sampai akhir hayat,” tegas Reni, wanita yang tetap enerjik di usianya yang hampir 70 th.

Meski demikian, bukan berarti para anggotanya dilarang menikah lagi. Terlebih yang masih muda-muda. Bahkan untuk urusan yang satu ini, HJM selalu memberi peluang anggotanya untuk membina keluarga baru. Hanya saja, bila menikah lagi, keanggotaan HJM otomatis gugur. Tapi, tali silaturahmi tetap terjaga karena para mantan anggota HJM ini tetap menjadi donatur yang setia. noor ainie

0 komentar:

Posting Komentar

 
Penerbit: PWM Jawa Timur. ISSN: 1907-6290. Penasihat Ahli: Syafiq A. Mughni, Nur Cholis Huda, Mu'ammal Hamidy, Muhadjir Effendy.

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: A. Fatichuddin. Redaktur Pelaksana: Muh Kholid AS.

Pemimpin Perusahaan: Nadjib Hamid. Wakil Pemimpin Perusahaan: Tamhid Masyhudi. Dewan Redaksi: A. Fatichuddin, Nadjib Hamid, Muh Kholid AS, Ahmad Nur Fuad, Agus Weha, Abd. Sidiq Notonegoro, Agus Setiawan.

Staf Redaksi: MZ Abidin, M. Adnan, Noor Ainie. Fotografer: Ilok. Ilustrasi: Setia Hati.

Tata Letak: Nabila. Sekretaris: Anifatul Asfiyah.

Alamat Redaksi: Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya 60234, Phone : 031 - 8471412, Fax : 031 - 8420848, Email : matan_pwm@yahoo.com

Templates Novo Blogger Get Free Blogger Template